Informasi Tes Kesehatan dan Kebugaran PMB PKN STAN 2017

11
20662
views

Selamat pagi semua, selamat kami ucapkan telah lolos tahap 1. Sekali lagi selamat, tapi gagal di tahap 2, akan lebih sakit rasanya daripada gagal di tahap 1. Jadi gunakan sebaik-baik nya waktu persiapan selagi masih cukup.

Yuk mari kita bahas tentang TKK, Tes Kesehatan dan Kebugaran. Hampir semua sekolah kedinasan menggunakan Tes semacam ini akan tetapi teknis tesnya bisa berbeda-beda. Di PKN STAN, tes ini sudah dilaksanakan beberapa tahun belakangan, jadi informasi ini bersifat umum dan boleh disebarkan yang kami resume dari beberapa sumber terpercaya.

1Tes Kesehatan.

Kamu yakin sehat??? Belum tentu! Dalam tes ini nanti kamu akan diperiksa beberapa indikator yang dijadikan dasar kamu bisa ikut Tes Kebugaran. Jadi, bagi yang TIDAK DIREKOMENDASIKAN oleh Tim Kesehatan, GUGUR SUDAH alias tidak bisa ikut Tes Kebugaran.
Apa saja yang diperiksa dalam Tes Kesehatan
  1. Tinggi dan Berat Badan. Sesuai, kurus kerontang atau malah terlalu subur.hehehe. Panitia akan menial kesesuaian antara tinggi dan berat. Khusus Bea Cukai, scarta tinggi badan wajib hukumnya untuk dipenuhi
  2. Tekanan Darah. Tekanan darah kamu akan dicek dan dalam kondisi normal atau hipertensi. Jika ternyata dalam kondisi hipertensi akut, berdasarkan info yg saya terima apabila diatas 160/100 kamu harus Hati-hati ya.
  3. Nadi. Standarnya adalah 60 – 100 x per menit, selebihnya perlu diwaspadai.
  4. Mata. Ada tes buta warna dan tes minus atau plus. Bagi yang berkacamata lebih dari 2 dioptri tidak bisa pilih bea cukai tapi tetap ikut tes kesehatan lho ya.
  5. THT. Jika normal, kamu berarti sehat.
  6. Gigi dan Mulut. Ini sepaket. Gigi rapi dan tidak berlubang kamu sehat artinya. Bolong atau ada yang tanggal, tetap sehat tetapi kedepan kamu perlu perawatan ke dokter. Behel bagaimana? kami belum tau informasi pastinya, kami bukan panitia lho.
  7. Jantung. Hal sangat penting. Detak jantungmu normal atau tidak atau mungkin ada kelainan atau kondisi panik. Tentunya detak jantung tidak normal dapat membuat kamu gagal untuk tes kesehatan.
  8. Organ tubuh lainnya. Ya misalnya kondisi paru-paru kamu bagaimana. Bisa juga hati kamu sedang berbunga-bunga sekarang. hehehe. Pemeriksaan ini dari luar ya sifatnya jadi rileks saja.
  9. Kondisi saat Tes. Nah, ini juga penting. Jaga kesehatan, dan kebugaran kamu. Jangan sampai saat tes malah sakit. Ok Yes??? Kurangi begadang, minum vitamin c, dan makan teratur.

Dengan Catatan Kamu DIREKOMENDASIKAN, silakan lanjut ke Tes Kebugaran.

2Tes Kebugaran.

Ada sit up kak? Push up kak? Sabar, silakan baca dibawah ini. Tes Kebugaran dilaksanakan dengan tujuan bahwa peserta memiliki ketahanan tubuh yang kuat dan tentunya BUGAR. Dalam tahap ini dibagi menjadi dua tahap, Tes Lari selama 12 Menit dan Tes Lari Ketangkasan (lari membentuk angka 8).

Ingat, kalian bisa karena TERBIASA. Kalau kalian belum TERBIASA mencobalah untuk TERPAKSA. Karena setelah TERPAKSA kalian akan menjadi TERBIASA

Tes Lari 12 Menit

Standarnya berapa kak? Duh, ini agak susah. Kalau sekolah militer ada standar yang dipakai. Dalam beberapa sumber yang kami baca, untuk Tes Lari 12 Menit ini Laki-laki dibawah 35 tahun, setidaknya dapat menempuh jarak 1,75mil atau lebih. Artinya itu minimal sejauh 2.816 meter. Dan Untuk Perempuan lebih dari 1,65 mil atau lebih dalam meter menjadi 2.655 meter.

Pertayaannya, apakah PKN STAN memakai standar itu? Kami tidak dapat memberikan jawaban pasti. Namun, sebaiknya persiapkan dengan sebaik-baiknya dan sejauh-jauhnya. Ingat Sejauh-jauhnya.

Saat berlari, kalian akan dibagi dalam beberapa grup. Setiap anak mengenakan rompi dan no dada. Ketika aba-aba start, maka LARILAH. Gunakan kecepatan yang stabil tapi tetap waspada. Setelah menit ke 11, akan ada aba2 dari Panitia. Saat ini gunakan lari sekencang-kencangnya ya. Setelah selesai, maka kamu berhenti di titip terakhir dan letakkan nomor dada mu. Ingat, nomornya bukan dadanya.

Tes Shuttle Run 

Tes ketangkasan. Kalau ini hitungannya waktu. Dalam tes ini, peserta diminta lari membentuk angka 8 selama 3 putaran. Biasanya jarak antara tiang satu dengan tiang lainnya  adalah 9-10 meter, sesuai dengan sumber yang saya baca. Jarak antara tersebut harus ditempuh dalam waktu sekian detik. SEMAKIN CEPAT SEMAKIN BAIK.

Jadi hanya ini saja ya tesnya, tidak perlu sit up atau push up. Kalau mau berlatih sangat boleh. Semangat.

#BerdjuangBersama

11 COMMENTS

  1. Kak aku pas di tensi tekanan darahku naik dari 120 ke 150 gara gara grogi dan aku sudah bilang kedokternya. Tetapi aku direkomendasikan untuk ikut tes kebugaran apakah aku masih ada pluang untuk lolos tahap 2 ya kak? Trimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here