Berikut Tanggapan Pimpinan PKN STAN Terkait Kasus Verifikasi Berkas di Batam

0
1375
views

Pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru telah melalui tahap Ujian Tulis yang dilaksanakan tanggal 23 April 2017 lalu. Namun, dalam perjalanannya tersebut, muncul beberapa permasalahan yang menyertai proses penerimaan. Termasuk kisah pilu beberapa siswa dari Anabas yang gagal mengikuti Ujian Tulis karena informasi yang diterima terlambat. Kisahnya dapat dibaca disini.

Menanggapi hal tersebut, pada tanggal 23 April malam beredar Tanggapan dari Direktur PKN STAN melalui beberapa Grup WA, berikut kutipan yang kami terima :

Mohon ijin memberikan info penyeimbang.
Pertama, sulit untuk memberikan waktu pelayanan verifikasi berkas di luar waktu yang telah diumumkan karena sistem dilakukan secara online. Penutupan pada sistem serentak, sulit dilakukan kebijakan karena pasti di luar sistem. Ada permintaan utk membuka sistem, tetapi ini menimbulkan risiko siapapun harus tetap dilayani walaupun waktu verifikasi telah berakhir. Ada beberapa pendaftar dari berbagai lokasi karena berbagai alasan gagal hadir pada periode yg ditetapkan, yg tentu saja harus juga dilayani bila diperbolehkan.
Kedua, periode verifikasi cukup panjang sehingga ada tanggal2 yg tidak berbenturan dgn USBN maupun UN. Memang pendaftar dijadwalkan, tetapi mereka akan dilayani walaupun datang pada hari lain sepanjang masih dalam periode verifikasi berkas.
Ketiga, periode verifikasi harus ditutup sesuai dgn jadwal yang ditetapkan karena apabila diperpanjang akan menyebabkan proses berikutnya menjadi terhambat dan ujian menjadi diundur jadwalnya. Urusan logistik ujian utk 134 ribuan peserta tidak mungkin menggeser jadwal ujian dgn mudah. Akan ada inefisiensi yg luar biasa.
Keempat, mereka ini akhirnya datang ke panitia di Batam tetapi jauh hari setelah penutupan pada tanggal 20 April. Panitia sdh berusaha menjelaskan dgn baik atas sistem yang ada tetapi tentu saja kekecewaan tidak mudah hilang.
Kejadian ini memberikan pelajaran berharga kepada panitia utk menyiapkan info yg lebih jelas lagi, terutama tips2 yg dapat membuat siapapun yg memenuhi syarat paling tidak dapat menjadi peserta ujian.
Seringkali, bagi mereka harapan akan masa depan muncul ketika mereka bisa ikut ujian. Saya juga melihat harapan2 tersebut ketika berdialog dgn pendaftar, ortu selama pendaftaran dan ujian hari ini.
Kami akan menyiapkan materi sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru yg lebih lengkap pada tahun depan. Mohon bantuan bapak2 dan ibu2 di forum ini, terutama yg bertugas di daerah, untuk menyebarluaskannya.
Terima kasih dan mohon maaf bila kurang berkenan…

Panitia telah melakukan banyak hal untuk menyampaikan informasi di atas, tetapi karena bertepatan dengan UNBK maka tidak dipungkiri beberapa siswa ada yang lebih fokus untuk menyiapkan UNBK daripada mencari update informasi Penerimaan PKN STAN.

Semoga kedepan informasi dapat diterima lebih awal, dan kami dari mahasiswastan.info dengan senang hati dan tangan terbuka apabila diminta membantu menyebarkan informasi tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here