Tak Lebih dari 140.000 Pendaftar Yang Melakukan Verifikasi Berkas

0
1025
views

Berakhir sudah rangkaian Verifikasi Berkas Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN 2017. Meski pendaftar yang tercatat pada situs Panselnas.id mencapai 160.000 pendaftar, akan tetapi banyak diantara calon peserta yang tidak melakukan verifikasi berkas sebagai tahapan untuk mendapatkan Bukti Peserta Ujian (BPU).

Verifikasi berkas yang dilaksanakan selama hampir 2 pekan ini, ditandai dengan banyak hal yang membuat panitia perlu bekerja lebih keras. Proses pembagian nomor BPO yang awalnya menggunakan angka perkiraan, nyata-nyatanya diberbagai lokasi jumlah calon peserta melebih dari angka perkiraan tersebut.

Panitia bergerak cepat, beberapa kota memperoleh kuota tambahan hingga dua kali yakni melalui PENG 39 dan PENG 42. Di akhir periode, Angka pendaftar di Jogja melebihi angka perkiraan awal 19.500 yang mana hal ini tidak disusuli dengan pengumuman tahap III, hanya informasi melalui media Twitter Resmi PKN STAN.

Sebagai pemerhati, padatnya jadwal PMB PKN STAN 2017 tahun ini memang membuat panitia tidak bisa bernafas tenang. Jadwal yang sangat padat sehingga pelaksanaan verifikasi dan pengambilan BPU pun tetap terjadwal meski calon peserta siswa siswa dari SMK sedang melakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Tidak ada perpanjangan!!! Meski sudah diantisipasi dengan informasi yg menyatakan bahwa bagi calon peserta yang mengikuti Ujian Nasional dapat melakukan verifikasi tidak sesuai tanggal, tetapi banyak calon peserta yang mendaftar merasa belum tahu tentang info tersebut.

Pengumuman tambahan bagi  calon peserta yang mendaftar di akhir periode juga membuat mereka kebingungan. Dalam benak pendaftar, jadwal verifikasi yang beredar pertamalah yang menjadi acuan. Mereka bingung, ketika mendapati Nomor Urut Lokasi di BPO ternyata melebihi dari angka yang ada di Pengumuman Verifikasi pertama. Banyak pesan melalui channel kami di email, line, wa dan fans page yang menanyakan hal tersebut. Kami hanya bisa menjawab, tunggu saja nanti juga akan ada pengumuman tambahan. Dan ternyata memang benar.

Namun, pembagian jadwal verifikasi berkas tambahan yang dipecah ke sisa hari ini kembali membuat bingung. Bisa jadi juga hal ini kurang diantisipasi oleh calon peserta. Asumsi wajar adalah, ketika nomor terakhir dijadwalkan tanggal 4 April, maka calon peserta yang memiliki nomor urut lokasi melebihi angka di Pengumuman Verifikasi Berkas Pertama akan memperoleh jadwal setelah 4 April. Wajar memang. Namun, panitia mempunyai kebijakan sendiri. Calon peserta yang mempunyai Nomor Urut Lokasi yang tidak tercantum pada Pengumuman pertama, dibagi ke dalam sisa hari verifikasi antara tanggal 27 Maret sd 4 April, dan ini berlanjut 2 kali. Di pengumuman tambahan tahap pertama dan tahap kedua.

Screen Shot 2017-04-05 at 12.40.59 AM
Screen Shot 2017-04-05 at 12.41.16 AM
Screen Shot 2017-04-05 at 12.41.28 AM

Hari terakhir verbek, kami mendapat informasi bahwa total yang melakukan verifikasi berkas tidak lebih dari 140.000 peserta. Kurang lebih 26.000 calon peserta tidak berhasil memperoleh BPU dengan berbagai alasan. Angka yang cukup besar harus gugur ditahapan ini.

Kami harap, ini menjadi pembelajaran penting bagi panitia untuk dapat mengantisipasi hal-hal yang diluar kebiasaan dan kedepan mampu memberikan yang lebih baik lagi kepada calon peserta. Tidak lupa pula, kami berikan apresiasi setinggi- tinggi nya bagi panitia karena telah berupaya dengan segenap daya upayanya tetap memberikan pelayanan terbaik kepada calon peserta.

Ada sedikit kata yang selalu teringat ketika menjadi mahasiswa. “STAN bukanlah segalanya, Namun segalanya dapat diraih melalui STAN. ”

Baik dan selamat malam.

Semarang, 5 April 2017

Biar dikira kayak Bu Sri Mulyani yang nulis malam-malam setelah selesai program Amnesti Pajak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here