Cerita Pengalaman Daftar Online Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN 2017

194
2189
views

Saya sudah terdaftar!!! Kamu??? Simak ceritanya dan alur pendaftarannya.

 

cerita 9 maret

Sempat berfikir apakah mungkin pendaftaran serentak sekolah kedinasan akan tepat pukul 00.00, tanggal 9 Maret 2017. Pada pengumuman yang dikeluarkan instansi terkait, memang hanya di sebutkan bahwa pendaftaran akan dibuka pada hari ini.

Ekspektasi saya ternyata berlebihan, situs panselnas memang sudah online akan tetapi belum ada link untuk melakukan pendaftaran hingga pagi kurang lebih pukul 07.00. Beranjak siang, banyak pesan masuk ke line wa kami di 089678773380 (maaf, kami bukan panitia) menanyakan informasi pendaftaran. Mencoba mencari jejak informasi yang ada, akhirnya panselnas memberikan informasi melalui running text bahwa pendaftaran akan dibuka pukul 18.00.

Selepas isya, sekitar pukul 19.30 kami mencoba untuk mengakses situs panselnas, dan tertawa kami dibuatnya. Bukannya link pendaftaran, tetapi running text yang lebih besar dan berbunyi ” Pendaftaran direncanakan dibuka pukul 21.00″ . Kembali kami menunggu hingga pukul 21.00. Akan tetapi, baru sekitar pukul 21.40an situs panselnas memberikan kabar gembira bagi kita semua. Yups, pendaftaran serentak penerimaan mahasiswa baru Sekolah Kedinasan resmi dibuka.

Alur :

PERTAMA, Daftar di PANSELNAS

Silakan buka link panselnas.id kemudian klik link Formasi maka kamu akan diarahkan menuju Daftar Sekolah Yang Mempunyai Ikatan Dinas. Ada 8 Sekolah salah satunya PKN STAN. Jika kamu berminat mendaftar di PKN STAN, maka pilih Kementerian Keuangan (PKN STAN). Kamu akan melihat form pengumuman dan scroll sampai bawah dan temukan tulisan “DAFTAR STAN”. Klik saja dan kamu akan diarahkan ke halaman “FORMULIR PENDAFTARAN“. Atau cukup link dibawah ini :

Siapkan Nomor Induk Kependudukan kamu. Jika kamu belum punya KTP, nomor ini dapat dilihat di Kartu Keluarga yang di simpan Ayah mu. Waktu mendaftar, perlu juga menyiapkan NIK Kepala Keluarga dan Nomor Kartu Keluarga.

Jika kamu berhasil input nomor-nomor tersebut, maka data kamu akan muncul seperti Nama, Tempat dan Tanggal Lahir.

Form Registrasi Berhasil 17

Berikutnya kamu diminta input email aktif (harus bisa dibuka) , input password (pass ini akan dipakai untuk login di halaman registrasi PKN STAN) dan konfirmasi password. Klik Daftar, maka tunggu email yang dikirim secara otomatis oleh Panselnas yang berisi informasi pendaftaran kamu. Simpan atau tandai penting untuk email ini serta download lampiran filenya.

Reply email sukses

Email ini kami terima kurang lebih dalam waktu satu menit saja semenjak kami daftar. Gud banget, so far oke alur pendaftaran dan respon emailnya.

KEDUA, Daftar di Website Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN 

Di situs PMB PKN STAN kamu diminta memasukkan NIK dan Password yg kamu buat ketika registrasi di situs Panselnas. Namun, beberapa kali kami mencoba untuk mendaftar, situs hanya berputar-putar tanpa respon. Beberapa kali respon berupa Situs Server Error.

Setelah hampir menunggu 1,5 jam lebih , situs memberikan notice bahwa saya belum terdaftar. Asumsi saya bahwa, sepertinya servernya perlu sinkronisasi antara panselnas dan pmb pkn stan. Bahkan nanti ketika pendaftaran sukses, perlu waktu sinkronisasi untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran di bank.

Dan Benar. Kurang lebih 2 jam setelah mendaftar di Panselnas, saya bisa login di situs PMB PKN STAN. Yeayyyy. Klik Daftar yuuuk.

Daaaaaaaaannnnnnn

Screen Shot 2017-03-10 at 12.01.25 AM
Sudah tua kakak!!!!

Karena kami tidak berhasil mendaftar di situs PMB PKN STAN, silakan di baca panduan pendaftarannya di link berikut. Tata Cara Daftar 2017 dan Tata Cara Pembayaran PMB PKN STAN 2017 .

Jadi jangan takut kalau ada pemberitahuan belum terdaftar, tunggu saja. SABAR. hehehe. Selamat mendaftar dan semoga sukses.

Disclaimer : Kami mendaftar bukan untuk ikut ujian saringan masuk, tetapi agar dapat memberikan informasi pendaftaran dari sisi non panitia dan calon pendaftar.

194 COMMENTS

  1. Kak mau nanya, kalo jadwal verifikasi berkasnya sudah kelewat, apa masih bisa iku verifikasi berkas?

  2. Kak. Saya mau tanya sekrang masih bisa daftar ga di portal stannya. Saya sudah regist ke panselnas.

  3. ka saya kehilangan KTP saya. waktu mengisi formulir sy menggunakan ktp. apakah ini bisa diubah ketika verifikasi berkas?

  4. Kak bagaimana kalau pas saya daftar dan telah di finalisasikan , kan ada disuruh isi nmr tlpn/hp trus ternyata nomor hpnya kurang angka satu dibelakangnya? Apakah itu berpengaruh? Lalu bagaimana solusinya

  5. Ka, bagaimana jika ada kesalahan dalam kartu peserta ujian, yaitu kartu identitasnya. Yang seharusnya NIK/KTP tapi sy salah pilih malah jadi Passport

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here