“Menempa jiwa-jiwa tangguh, calon Penjaga Keuangan Negara”

0
456
views

IMG BDK BPN 1

[Balikpapan] Sebelum memasuki masa perkuliahan Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) yang akan dimulai pada pekan kedua bulan September 2016, Balai Diklat Keuangan (BDK) Balikpapan yang tahun ini turut menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma I Pajak PKN STAN, menyelenggarakan kegiatan Capacity Building untuk mahasiswa baru Program Studi Diploma I PKN STAN Tahun Akademik 2016/2017.

Pendidikan dan pengajaran memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu proses pembelajaran. Pendidikan dan pengajaran yang baik akan menghasilkan bibit unggul yang akan mampu membawa bangsa ini kearah bangsa yang lebih baik. Oleh karena itulah kegiatan  Capacity Building ini diharapkan mampu menjadi penempa semangat para mahasiswa  dan mahasiswi guna membentuk kemampuan adjustif agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus dan masyarakat.

Kegiatan Capacity Building bagi mahasiswa PKN STAN lokasi pendidikan BDK Balikpapan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 31 Agustus s.d. 2 September 2016 di lingkungan BDK Balikpapan. Kegiatan ini diikuti oleh 108 mahasiswa Prodi Diploma I Pajak Tahun Akademik 2016/2017. Seluruh instruktur berasal dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Balikpapan. Kegiatan ini juga akan didampingi oleh petugas piket yang berasal dari pegawai BDK Balikpapan dan petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Balikpapan. Demi kelancaran pelaksanaan kegiatan dan untuk memastikan peserta Capacity Building dalam kondisi sehat dilakukan tes kesehatan oleh tim dokter Dinas Kesehatan Kota Balikpapan pada hari Senin, 29 Agustus 2016 di BDK Balikpapan. Seluruh peserta dinyatakan sehat untuk mengikuti kegiatan ini.

IMG BPN 4Pada acara pembukaan kegiatan Capacity Building, Kepala BDK Balikpapan, Bapak Sugeng Satoto dalam sambutannya menekankan beberapa point penting yang harus menjadi pegangan bagi para mahasiswa, terutama adalah kedisiplinan, motivasi dan menjaga kesehatan. Beliau berpesan agar para mahasiswa dapat menumbuhkan motivasi dari dalam diri, mengobarkan semangat untuk fokus mengikuti perkuliahan selama 1 tahun kedepan, karena 1 tahun ini mereka akan benar-benar ditempa untuk menjadi para calon PNS yang siap bekerja. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa pendidikan kedinasan di PKN STAN ini sangat menjunjung tinggi kedisiplinan, oleh karena itu kedisiplinan mengikuti perkuliahan dan peraturan harus terus dijaga. Terakhir yang tak kalah penting, beliau berpesan agar para mahasiswa dapat menjaga kesehatan, fisiknya harus kuat dan sehat, serta tidak menjadi mahasiswa “instant” dalam artian mahasiswa yang gemar makan makanan instant.

IMG BPN 3

Selama mengikuti kegiatan Capacity Building mahasiswa wajib menginap di tenda barak yang telah disiapkan. Adapun materi pembelajaran yang diberikan meliputi peraturan baris berbaris,peraturan penghormatan dan kegiatan pembinaan mental dan fisik lainnya.

Selamat mengikuti kegiatan Capacity Building, nikmati setiap rasa sakit dan lelah itu, karena rasa sakit dan lelah yang tidak enak itu bisa jadi merupakan instrumen untuk mengubah hidupmu kelak. Sebab jika kesakitan dan lelah itu tak bisa mengubah anda, itu pertanda anda sudah mati, dan seperti mahluk hidup lainnya, anda benar-benar kaku.(ARA)

sumber tulisan dan foto : bppk.kemenkeu.go.id

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here