Menjadi Mahasiswa PKN STAN yang Adjustif

0
201
views

[Malang]. Dalam rangka melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) menyelenggarakan kegiatan Capacity Building untuk mahasiswa Program Studi Diploma I PKN STAN Tahun Akademik 2016/2017. Pendidikan dan Pengajaran memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu proses pembelajaran. Pendidikan dan pengajaran yang baik akan menghasilkan bibit unggul yang akan mampu membawa bangsa ini kearah bangsa yang lebih baik. Lulusan yang berkualitas tinggi akan menjadi penerus bangsa yang bisa membawa Indonesia kearah yang lebih maju. Sesuai dengan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang berbunyi “mencerdaskan kehidupan bangsa”, maka pendidikan dan pengajaran harus menjadi pokok dan sumber utama dalam pencapaian tujuan dari perguruan tinggi, termasuk didalamnya PKN STAN.

Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi:

  • Pendidikan dan Pengajaran;
  • Penelitian dan Pengembangan;
  • Pengabdian kepada Masyarakat

bukan hanya menjadi tanggung jawab mahasiswa melainkan juga menjadi tanggung jawab seluruh pendidik dan orang – orang yang terlibat dalam proses pendidikan. Kegiatan Capacity Building diharapkan dapat membentuk kemampuan adjustif mahasiswa PKN STAN agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus dan masyarakat. Kemampuan adjustif ini diharapkan dapat mewujudkan sikap perilaku disiplin dan respek.

Capacity Building bagi mahasiswa PKN STAN lokasi pendidikan Balai Diklat Keuangan (BDK) Malang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 30 Agustus s.d. 1 September 2016 di Markas Batalyon Komando (Yonko) 464 Paskhas di Malang. Kegiatan ini diikuti oleh 277 mahasiswa dengan rincian 251 mahasiswa Prodi Diploma I Pajak dan 26 mahasiswa Prodi Diploma I Kepabeanan dan Cukai Tahun Akademik 2016/2017. Seluruh instruktur berasal dari Yonko 464 Paskhas. Kegiatan ini juga akan didampingi oleh petugas piket yang berasal dari pegawai BDK Malang dan petugas kesehatan. Demi kelancaran pelaksanaan kegiatan dan untuk memastikan peserta Capacity Building dalam kondisi sehat dilakukan tes kesehatan oleh dokter pemerintah pada hari Senin, 29 Agustus 2016 di BDK Malang. Seluruh peserta dinyatakan sehat untuk mengikuti kegiatan ini.

Selama mengikuti kegiatan Capacity Building mahasiswa wajib menginap di barak Batalyon Komando 464 Paskhas. Untuk sarana transportasi dan konsumsi telah disediakan oleh panitia. Adapun materi pembelajaran yang diberikan meliputi peraturan baris berbaris dan peraturan penghormatan. Manfaat yang didapat dari baris berbaris antara lain melatih daya konsentrasi, belajar solidaritas tim, belajar mendengar dan patuh, belajar untuk diam dan mengatur emosi. Sedangkan penghormatan bertujuan antara lain untuk melahirkan sikap disiplin dan ketaatan dikalangan mahasiswa PKN STAN dan mewujudkan suatu ikatan jiwa yang kuat (korsa) dengan saling menyampaikan penghormatan (menyapa) dengan tertib, sempurna, dan penuh keikhlasan.

Selamat mengikuti kegiatan Capacity Building, semoga setelah mengikuti kegiatan ini mahasiswa PKN STAN menjadi pribadi-pribadi yang tidak hanya cerdas intelektual tetapi juga cerdas emosional dan spiritual. Masa depan Kementerian Keuangan ada di tangan kalian.

Politeknik keuangan Negara STAN
berbakti meraih cita mulia
demi kejayaan bumi persada kita
penuhi panggilan nusa

penuh terampil dan berbudi karya
berdiri hadapi tantangan dunia
bekal ilmu mengabdi tuk nusa dan bangsa
mengelola keuangan negara
terus maju menjunjung pancasila
harapan bangsa di pundak kita
semangatlah untuk Indonesia tercintaa..

Politeknik keuangan Negara STAN
berbakti meraih cita mulia
demi kejayaan bumi persada kita
penuhi panggilan nusa

Indonesia tercintaaaaaa~~

sumber : bppk.kemenkeu.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here