Sistem Kelulusan SNMPTN Harus Lebih Transparan

0
103
views

Saat ini memang salah satu jalur utama masuk perguruan tinggi negeri adalah melalui jalur SNMPTN, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Sistem ini merupakan penerapan sistem Undangan dimana Siswa tidak perlu tes seleksi untuk masuk perguruan tinggi, melainkan menggunakan nilai tiap semester.

snmptn

Namun, penerapan sistem SNMPTN tersebut bukannya tanpa masalah. Kadang beberapa kendala muncul ketika siswa tidak dapat mendaftar padahal memiliki nilai yang memenuhi syarat untuk mendaftar. Hal ini disampaikan oleh Ketua Dewan Pendidikan Kota Yogyakarta Dr. Ariswan, beliau menegaskan bahwa hal terpenting dalam seleksi SNMPTN saat ini adalah dengan transparansi proses. Hal ini tentunya di awali dari lingkup Sekolah sampai dengan kriteria siswa tersebut.

Beliau juga mengungkapkan bahwa sering mendapat pertanyaan dari beberapa wali murid yang menyatakan bahwa anaknya tidak dapat mendaftar SNMPTN padahal anak tersebut memiliki nilai yang lebih bagus daripada anak lain yang memiliki nilai yang lebih rendah sebagaimana dikutip Okezone dari Kedaulatan Rakyat.

Dalam kesempatan tersebut beliau juga menegaskan bahwa hal ini merupakan Pekerjaan Rumah bersama baik pihak Sekolah maupun Perguruan Tinggi supaya kedepan proses ini dalam berjalan dengan baik sekaligus implementasi nilai integritas dan kejujuran.

sumber : blog.rumahtryout.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here