Hasil SNMPTN 2013 Diumumkan Hari Ini

0
90
views

Jadwal pengumuman hasil seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) maju. Dari rencana diumumkan Selasa (28/5), maju menjadi Senin (27/5) besok. Pelamar SNM PTN bisa melihat pengumuman melalui internet besok sekitar pukul 18.00 WIB atau di media massa keesokan harinya.

“Data di upload ke internet setelah ada konferensi pers dengan media masa di ITB (Institut Teknologi Bandung, red),” kata Ketua Umum Panitia SNM PTN 2013 Akhmaloka kemarin. Konferensi pers hasil SNM PTN 2013 digelar sekitar pukul 15.00 WIB.

Pengumuman kelulusan SNM PTN 2013 dibayangi perbedaan data kelulusan siswa antara versi Kemendikbud dengan dinas pendidikan provinsi. Perbedaan itu terjadi hampir di seluruh provinsi. Salah satunya di Sumatera Utara (Sumut). Versi Kemendikbud ada 641 murid SMA dan sederajat yang tidak lulus. Versi Dinas Pendidikan Sumut, yang tidak lulus 2.948 siswa.

Kasus serupa terjadi di Jawa Timur (Jatim). Versi Kemendikbud ada 56 siswa yang tidak lulus. Sedangkan versi dinas pendidikan setempat ada 154 siswa yang tidak lulus. Perbedaan data berpotensi merugikan pelamar SNM PTN. Bukan tidak mungkin ada pelamar SNM PTN yang diyatakan lulus padahal dia tidak lulus SMA.

“Panitia SNM PTN dapat data resmi dari Kemendikbud. Kami tidak mengumpulkan data dari provinsi-provinsi,” seru Akhmaloka.

Rektor ITB itu mengatakan, panitia sedang konsentrasi menyaring pelamar SNM PTN yang sebelumnya sudah di-ranking. Jika ada siswa yang masuk daftar ranking tetapi tidak lulus unas, namanya langsung di-drop alias tidak diterima.

Akhmaloka menyatakan perbedaan data kelulusan siswa sejauh ini tidak mengganggu proses SNM PTN. Untuk mengatasi pontesi ada siswa lulus SNM PTN tetapi yang bersangkutan tidak lulus SMA, panitia punya cara. Yakni, seluruh pelamar wajib membawa bukti kelulusan ketika mendaftar ulang pada 18-19 Juni mendatang. “Pokoknya yang boleh kuliah itu yang sudah lulus atau menamatkan SMA atau sederajat,” tegasnya.

Dari catatan panitia, jumlah pelamar SNM PTN 2013 mencapai 780 ribuan. Sedangkan kuota yang tersedia sekitar 132 ribu kursi mahasiswa baru. Bagi yang tidak lulus SNM PTN, masih punya peluang kuliah di kampus negeri lewat jalur tes tulis atau SBM PTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri)

sumber : jpnn.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here