Ujian (tak) Nasional Lagi

1
82
views

Sedikit teringat sepuluh tahun silam di sebuah Kabupaten di Jawa Tengah kami di hadapkan pada Ujian Nasional pertama dengan sistem batas minimal kelulusan. Ya, tahun 2003 waktu kami beradu nasib dengan peserta Ujian Nasional lainnya melawan nilai minimal yang wajib kami lampui. Khawatir dan rasa takut tidak akan lulus muncul seiring menjelang pelaksanaan Ujian Nasional. Itulah sedikit gambaran permasalahan yang timbul akibat penerapan system Ujian Nasional sebagai instrument kelulusan. Tiga hari yang menentukan masa belajar tiga tahun itu sukses atau sia-sia.

Ujian Nasional semenjak itu selalu dilaksanakan sebagai dasar kelulusan siswa ke jenjang yang lebih tinggi.  Seiiring dengan pelaksanaan tersebut, selalu timbul masalah dalam pelaksanaannya. Baik soal yang salah distribusinya sampai yang paling memalukan tahun ini adalah Ujian Nasional tak lagi Nasional.

Pelaksanaan Ujian Nasional 2013 sedianya dilaksanakan pada tanggal 15 April 2013 serentak bagi seluruh siswa SMA/ SMK di Indonesia. Setiap sekolah maupun masing-masing siswa telah membuat schedule persiapan Ujian Nasional yang matang demi satu tujuan. LULUS!!!

Kata yang terdiri dari 5 huruf tersebut adalah yang paling idamkan setiap peserta Ujian Nasional. Ya, sistem pendidikan yang masih dianut oleh bangsa Kita.

Persiapan siswa peserta Ujian Nasional minggu malam seolah-olah diredupkan dengan “teknis” pendistribusian logistik Ujian Nasional di wilayah Indonesia Tengah yang gagal. Istilahnya Prajurit sudah siap bertempur tetapi senjata dan amunisi belum sampai. Memang hal ini peserta Ujian Nasional tidak akan menghadapi musuh seperti misalnya seorang prajurit yang akan berperang, tetapi ini merupakan “Sejarah” yang ditorehkan oleh Kemendikbud dibawah pimpinan Pak Nuh.

Meski masih disorot tentang penerapan Kurikulum 2013 yang banyak kalangan nilai masih perlu dikaji lagi, permasalahan lain muncul ketika pelaksanaan pendistribusian logistik Ujian Nasional juga carut marut.  Evaluasi besar tentang pelaksanaan Ujian Nasional wajib dilakukan oleh yang berwenang. Masih perlu adakah Ujian Nasional tahun depan? Kalo hanya menimbulkan masalah, alangkah baiknya ditiadakan dan dipikirkan instrument lain sebagai dasar kelulusan siswa.

1 COMMENT

  1. tahun 2014 ujianx sangat sulit ,,,
    Semoga tahun berikutnx UN tk ad lagi ,karena membuat siswa menjadi sters.dimana kemampuan siswa yg kurang,dan guru yang kurang aktif dalam mengajar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here