Kepedulian Mahasiswa STAN

0
131
views

Sebanyak 43 petugas kebersihan dan 51 orang anggota satuan pengamanan (satpam) Kampus STAN menerima bingkisan sembako dari mahasiswa STAN. Melalui program Paket Awal Tahun yang diselenggarakan Jumat (11/01/2013) lalu, BEM mengajak mahasiswa STAN untuk mengapresiasi salah satu elemen terpenting dari  civitas akademika.

Bertempat di ruang I-104, acara penyerahan bingkisan secara simbolis dilangsungkan. Tak kurang dari enam puluh undangan, baik dari petugas kebersihan maupun anggota satpam hadir dalam acara tersebut. Dalam acara itu, hadir pula Pratin, Kasubbag Kepegawaian dan Peralatan STAN, dan Achmad Tri Budiawan selaku Presiden Mahasiswa BEM STAN beserta jajarannya.

Petugas kebersihan dan satpam menghadiri acara penyerahan Paket Awal Tahun.

Saat menyampaikan kata sambutannya, Achmad Tri Budiawan mengatakan bawa sejatinya, petugas kebersihan, satpam, dan mahasiswa adalah keluarga, yang semuanya adalah bagian dari civitas akademika. Ia pun menyampaikan permohonan maaf pada segenap petugas kebersihan dan anggota satpam atas perlakuan mahasiswa yang dirasa kurang menyenangkan.

Dalam sambutannya, Pratin mengungkapkan rasa terima kasih kepada BEM STAN, terkhusus Departemen Sosial atas program ini. Ia juga menyinggung tentang adanya rencana kenaikan honor bagi petugas kebersihan.

Petugas kebersihan dan anggota satpam mewakili penyerahan bingkisan.

Ditemui Civitas pasca acara, Pratin membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan bahwa rencana kenaikan honor itu terkait dengan peningkatan fungsi petugas kebersihan, yang nantinya akan dibekali dengan pengetahuan teknis seputar perangkat komputer dan LCD, sehingga dapat membantu tersedianya fasilitas perkuliahan yang memadai.

Di kesempatan yang sama, Pratin yang secara resmi mengisi jabatan Kasubbag Kepegawaian dan Peralatan STAN pada 2 Januari 2013 lalu, menyampaikan beberapa rencana terkait sarana dan prasarana kampus. Di antaranya mengenai pengelolaan sampah, pengelolaan fasilitas perkuliahan, dan pengelolaan taman.

Terkait sampah, ia merencanakan akan menambah jumlah tempat sampah yang tersedia. Di mana dari tempat sampah yang disediakan, sudah mulai dilakukan pemisahan antara sampah kering dan sampah basah. Sampah basah, nantinya akan didaur ulang secara alami menggunakan kolam di wilayah belakang kampus. Ia pun berpesan agar mahasiswa dapat saling menjaga kebersihan, “Jika ada sepuluh orang bersih, dan satu saja yang membuang sampah, maka itu akan kotor,” ujar Pratin.

Kolam yang rencananya akan digunakan sebagai tempat pengolahan sampah basah

Mamun Winata, seorang anggota satpam dari regu dua menyampaikan komentarnya terkait acara Paket Awal Tahun ini. “Senang sekali, karena mereka (mahasiswa) juga peduli sama kami,” ujar Mamun. Ia juga menyampaikan, bahwa dalam kapasitasnya sebagai anggota satuan pengamanan Kampus STAN, tugasnya memang untuk menjaga kemanan. Maka, sikap yang sigap dan tegas terhadap civitas akademika itu wajar. “Intinya, kami bertugas dengan ikhlas,” tutupnya.

sumber : 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here