Petugas Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Sabu-Sabu dari Malaysia di Bandara Juanda

1
87
views

Customs Narcotics Team (CNT) Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) Juanda dan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Jawa Timur I  berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis Methamphetamine (sabu-sabu) pada Senin (24/12) di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur.

Pelaku penyelundupan adalah seorang wanita berkewarganegaraan Indonesia penumpang pesawat Air Asia AK-1390 Jurusan Kuala Lumpur-Surabaya. Berdasarkan analisis dan profiling, petugas melakukan pemeriksaan mendalam melalui mesin X-Ray dan pemeriksaan fisik/badan atas penumpang tersebut, tetapi tidak menemukan benda mencurigakan. Kecurigaan petugas mengarah ke alas kaki yang dipakai pelaku. Hasil pemeriksaan dengan X-Ray terhadap alas kaki pelaku menunjukkan adanya benda mencurigakan dalam alas kaki tersebut.

Petugas kemudian mengeluarkan benda dalam sepasang alas kaki pelaku dan menemukan empat bungkus kristal berwarna putih yang dicurigai sebagai Methamphetamine (sabu-sabu) dengan berat bruto 97,3 gram. Pelaku meletakkan masing-masing dua bungkus kristal putih tersebut dalam alas kaki kanan dan kiri.

Berdasarkan hasil pengujian dengan narcotest maupun melalui uji laboratorium Balai Pengujian dan Identifikasi Barang DJBC Surabaya, disimpulkan bahwa benda mencurigakan tersebut positif Methamphetamine dengan estimasi nilai barang mencapai Rp194.600.000,00 (Seratus sembilan puluh empat juta enam ratus ribu rupiah).

Selanjutnya, tersangka dan barang bukti diserahkan kepada Kepolisian Daerah Jawa Timur untuk penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

sumber : depkeu.go.id

1 COMMENT

  1. izi shrae ya gan. Mudah-mudah bermanfaat. Mau berbagi kebaikan aja.
    Ada pembahasan soal-soal usm stan. GRATIS
    di bimbel-nine.cobatahu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here