SNMPTN 2012 Jalur Undangan

9
101
views

SNMPTN Undangan adalah jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri dibawah koordinasi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional, dimana pola penerimaannya berdasarkan prestasi akademik. Informasi dan persyaratan umum SNMPTN Undangan dapat dilihat di http://undangan.snmptn.ac.id Program pendidikan yang ada di SNMPTN Undangan adalah program pendidikan S1 Reguler, yakni program pendidikan yang paling ketat daya saingnya. Daftar program studi yang dapat dipilih dalam SNMPTN Undangan dapat dilihat di http://undangan.snmptn.ac.id

PANDUAN BAGI KEPALA SEKOLAH

Sebelum melakukan pendataran online di website SNMPTN Undangan, yang harus disiapkan kepala sekolah adalah:

  1. Hasil scan sertifikat akreditasi sekolah;
  2. Hasil scan surat pengangkatan kepala sekolah;
  3. Daftar nama siswa kelas 12 per-kelas;
  4. Daftar nama siswa kelas 11 tahun lalu, per-kelas. Maksudnya adalah daftar nama siswa kelas 11 tahun lalu, dimana mereka sekarang mereka telah duduk di kelas 12.
  5. Daftar nilai siswa seluruh kelas 12. Nilai yang diinput adalah nilai semester 3,4,5. Setelah nilai diinput dalam website SNMPTN Undangan, sistem secara otomatis membuat rangking terhadap nilai siswa-siswa tersebut. Ketentuan rangking yang dapat diterima di SNMPTN Undangan adalah:
  • Akreditasi A: 50% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
  • Akreditasi B: 30% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
  • Akreditasi C: 15% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
  • Lainnya : 5% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5

ilustrasi:

SMA XY berakreditasi A memiliki siswa kelas IPA sebanyak 100 siswa. Sekolah tersebut dapat merekomendasikan maksimal 50% dari 100 siswa, yakni sebanyak 50 siswa. Dari 50 siswa yang direkomendasikan, ternyata 2 orang ditolak oleh sistem karena dalam salah satu semesternya, siswa tersebut memiliki ranking > 50%. Sesuai ketentuan SNMPTN UNdangan, siswa yang dapat direkomendasikan adalah bagi sekolah berakreditasi A adalah 50% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5. Adapun perangkingan sistem menyebutkan bahwa nilai 2 siswa ditolak tersebut adalah:

  • Siswa PQ, rangking semester 3: 51,3%; rangking semester 4: 10,4%; rangking semester 5: 15,6%
  • Siswa RS, rangking semester 3: 7%; rangking semester 4: 17,8%; rangking semester 5: 52%Siswa PQ ditolak oleh sistem karena nilai semester 3 > 50% sehingga tidak dapat direkomendasikan. Sedangkan siswa RS ditolak oleh sistem karena nilai semester 5 > 50% sehingga tidak dapat direkomendasikan.

6.  Siswa pindahan di semester 3,4,5 ataupun siswa yang pernah tinggal kelas, tidak diperkenankan mendaftar SNMPTN Undangan.

PANDUAN BAGI SISWA

Sebelum mengisi data online, yang perlu disiapkan siswa adalah softcopy pasfoto berwarna terbaru. Bila ada, siapkan juga sertifikat penghargaan atau kejuaraan yang pernah diraih. Siswa diharapkan menyesuaikan kembali data nilai yang telah dimasukkan pihak sekolah. Jika ada kesalahan, siswa segera menghubungi pihak sekolah untuk mengajukan perbaikan.

Dalam SNMPTN Undangan, peserta dari kelas IPA dapat memilih program studi kelompok IPS sedangkan peserta dari kelas IPS tidak dapat memilih program studi IPA. Dalam memilih program studi, sebaiknya peserta konsultasi dengan pihak sekolah sebagai pemberi rekomendasi. Peserta harus memilih program studi dengan sungguh-sungguh dan bertanggungjawab, yakni tidak menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan saat dinyatakan diterima sebagai mahasiswa UI.

Pendaftar SNMPTN Undangan yang memilih Universitas Indonesia hanya perlu membuat pendaftaran di website SNMPTN Undangan. Universitas Indonesia tidak mengadakan pengumpulan berkas dan tidak meminta pengisian data tambahan selain yang tercantum di website SNMPTN Undangan.

BIAYA PENDIDIKAN

Seleksi SNMPTN jalur Undangan adalah untuk program pendidikan S1 REGULER. Biaya pendidikan S1 Reguler dapat dilihat disini. Komponen biaya pendidikan terdiri dari:

1. Biaya Operasional Pendidikan (BOP), yakni biaya pendidikan yang dibayarkan persemester. Untuk S1 Reguler, berlaku BOP Berkeadilan yang besarnya MIN Rp 100.000,- hingga MAX Rp 5.000.000,- untuk kelompok Program Studi IPS, dan MAX Rp 7.500.000,- kelompok Program Studi IPA tergantung pada kemampuan orangtua/wali, dimana tidak ada lagi biaya SKS, biaya praktikum dan biaya tambahan lainnya. Penentuan BOP Berkeadilan dilakukan setelah siswa lulus seleksi dan dinyatakan diterima sebagai mahasiswa UI S1 Reguler.

2. Uang Pangkal yakni biaya pendidikan yang dibayarkan sekali pada saat masuk. Bagi mahasiswa S1 Reguler, Nilai Uang Pangkal sangat bergantung pada kemampuan orangtua/wali. Besarnya NOL hingga MAX Rp 5jt, 10jt atau 25jt (tergantung pada fakultasnya). Bagi mahasiswa S1 Reguler yang tidak mampu dapat mengajukan pencicilan atau pengurangan uang pangkal.

3. Dana Kesejahteraan dan Fasilitas Mahasiswa (DKFM), yakni biaya fasilitas kesejahteraan mahasiswa yang dibayarkan 100rb/semster. Biaya fasilitas kesejahteraan antara lain, fasilitas internet/wifi gratis diseluruh area kampus UI, perpustakaan dsb.

4. Dana Pelengkap Pendidikan (DPP), yakni biaya pelengkap pendidikan yang hanya dibayarkan sekali pada saat masuk sebesar 600rb. Biaya ini mencakup biaya pembuatan kartu mahasiswa, account UI, jaket kuning (almamater) dsb.

sumber : http://snmptn.ac.id

9 COMMENTS

  1. Saat-saat pembukaan mahasswa bau memang saat-saat yang paling mendebarkan, kita hanya bisa menunggu apakah nantinya diterima atau tidak. deg-deg-an, saya sendiri pernah merasakannya 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here