Tidak Semua Lulusan STAN Kerja di Kementerian Keuangan

11
471
views

Image

Selama ini persepsi yang terjadi di masyarakat awam adalah lulusan STAN nantinya akan bekerja di Kementerian Keuangan dan khususnya Pajak Bea Cukai. Persepsi ini yang sekarang perlu diluruskan.

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, posisi induknya memang berada di Kementerian Keuangan. Namun, hal ini bukan serta merta semua lulusan STAN ditempatkan di lingkungan Kementerian Keuangan. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan lulusan STAN juga berasal dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) serta Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Sebagaimana Lulusan STAN 2011 yang masih hangat-hangatnya penempatan, mereka terbagi dalam 3 kelompok besar penempatan yaitu :

  1. Sebanyak 1607 lulusan ditempatkan pada Kementerian Keuangan dan disebar ke 12 Unit Eselon 1;
  2. Sebanyak 80 lulusan ditempatkan pada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK);
  3. Sebanyak 510 lulusan ditempatkan pada Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Semoga persebaran lulusan STAN ini membawa dampak yang positif ditengah kasus-kasus yang menimpa alumninya. 

11 COMMENTS

  1. Haduh artikel ini nakut2in -,-”
    ganti dong judulnya:
    “Lulusan STAN tidak hanya bekerja di Kementerian Keuangan”

  2. Yaelah, nakut2in aja nih artikel -__-”
    kirain negatif, ternyata positif…
    Ganti dong judul artikelnya:
    “Lulusan STAN tak hanya kerja di kementerian keuangan”

  3. Anak seorang tetangga saya, masih kuliah di STAN aja, udah belagu. Orangtua udah pamer ini itu. Seakan2 kalau sudah lulus dari STAN bisa punya segalanya. Ini diakibatkan paradigma masyarakat yang udah mengakar, bahwa orang pajak, apapun jabatannya itu pasti akan jadi orang berduit.

    Orang pajak, sama dengan PNS lainnya, tidak kurang tidak lebih. Harus mengabdi ke negara berapapun dia dibayar dan tertulis di slip gaji. Dan kebanyakan PNS, tidak lah kaya, mungkin bisa dibilang cukup. Kalaupun menjadi kaya, mungkin dari penghasilan tambahan dari bisnis atau dari keluarga. Jadi jangan berharap menjadi kaya kalau cuma mengandalkan gaji seorang PNS. Itu sudah bukti dan tidak bisa dibantahkan lagi. jadilah pengusaha yang sukses atau kerja di swasta yang bonafid, jangan jadi PNS untuk mengejar materi.

    Saya cuma berkaca ke diri sendiri, karena saya membayar pajak rata2 4 juta sebulan, dan alangkah mirisnya uang yang saya setorkan tiap bulan itu, ditilep oleh oknum2 pajak. Di dunia anda dimusuhi banyak orang dan di akhirat anda dilaknat..Mending jangan kuliah di STAN kalau paradigma bakal jadi orang kaya, masih melekat..Gaji 3-12 juta bukanlah itu cukup dan tidak termasuk kategori “orang kaya”..

  4. apakah ada standar nilai hasil unas untuk mendaftar di STAN? klo ada standar nilai berapa untuk laki dan berapa untuk perempuan? mohon infonya dooong…….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here