RESMI. Lulusan STAN Tidak Langsung CPNS (Ikatan Dinas)

Meski pahit tapi harus kami informasikan bahwa Kementerian Keuangan dengan ketentuan baru telah mengeluarkan pernyataan resmi mengenai Pengangkatan Langsung sebagai CPNS bagi lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

Melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 215/PMK.01/2011 tanggal 14 Desember 2011 yang didalamnya merupakan perubahan pada Peraturan Menteri Keuangan No 94/PMK.01/2011 tentang Tentang Tata Cara Penyaringan Dan Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan II Dari Lulusan Program Diploma I Dan III Keuangan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

Pasal paling mencolok adalah perubahan pada pasal 5 ayat 3 Mahasiswa yang dinyatakan lulus dari Prodip I dan III Keuangan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara wajib mengikuti ujian penerimaan CPNS sesuai ketentuan yang mengatur mengenai pengadaan Pegawai Negeri Sipil.

Dimana sebelum diubah, bunyi pasal 5 ayat 3 Peraturan Menteri Keuangan No 94/PMK.01/2011 adalah Mahasiswa yang dinyatakan lulus dari Prodip I dan Prodip III Sekolah Tinggi Akuntansi Negara dipersamakan dengan peserta yang lulus ujian penerimaan CPNS.

Ketentuan ini berlaku mulai tanggal di undangkan dan berlaku surut sejak tanggal 1 Januari 2011.

Dengan ketentuan ini bisa jadi, lulusan prodip I dan Prodip III tahun 2011 ini akan terhambat menjadi CPNS langsung jika benar ini berlaku untuk mereja juga.

Untuk membuka informasi mengenai peraturan menteri kuangan silakan klik link dibawah ini :

Peraturan Menteri Keuangan No 94/PMK.01/2010

Peraturan Menteri Keuangan No 215/PMK.01/2011

nb. Pernyataan kami mengenai ikatan dinas kami ralat, bahwa lulusan STAN hanya Wajib mengikuti Tes CPNS. Setelah lulus tes CPNS apakah tetap ikatan dinas atau tidak, perlu konfirmasi dari stan.

About these ads

92 responses to “RESMI. Lulusan STAN Tidak Langsung CPNS (Ikatan Dinas)

  1. paling bingung kalo ditanya orang2 soal status, ane bingung jawabnya apa, cpns belom, tapi kuliah udah kelar. pengangguran kah lebih tepatnya? hehehehe
    apa salah STAN kepada pak menteri….. kok tega-teganya berbuat seperti ini………

  2. lulusan 2011, brarti lulusan sy dong..
    yg kita resahkan it, kita it menunggu uda terlalu lama, dengan adanya janji tanggal 23 ad pengumuman,
    mungkin lulusan d1 yang di daerah ad yang singgah di daerah pendidikan, (termasuk saya) padal untuk biaya hidup saja ga semurah biaya hidup di rumah kan.
    sementara kita yang masi singgah di daerah cuma menunggu pengumumann, habs psikotes, n kita harap langsg ad pengumuman magang, jadi ga bolak balik dari kota asal,
    nah ini kabar2 malah ad langsung penempatan, bagus si buat kami, tapi kita semua berharap dengan lamanya kami menunggu, kita mendapat pengumuman yang tentunya terbaik buat kami..

  3. kayaknya isu tes CPNS untuk lulusan STAN sudah lama muncul (pada bag. pengmmn.pendaftaran STAN thn 2007 “lulusan STAN DAPAT diangkat menjadi PNS…”–> muncul isu STAN gak ikatan dinas). dan akhirnya thn ini ketentuan tersbt disahkan dgn Peraturan Menkeu. faktanya : mhswa yang masuk 2007 (lulus thn 2010), semua lulusannya langsung jadi CPNS.
    Untuk yg D1 kayaknya gak usah khawatir deh. Berubahnya mekanisme seleksi jadi 3 tahap kyknya mengikuti pola penerimaan CPNS secara umum (tesnya sama persis dgn Tes CPNS kemenkeu dari S1).
    Kalo perkiraan saya sih, PMK ini ditujukan untuk lulusan STAN 2011, tgkt 3 dan 2 saat ini karena mekanisme USM stan yg dulu mereka lalui cuma tes tulis aja (a.k.a TPA). adanya tes ini jg mgkn karena adanya peraturan Kemenpan tentang penerimaan PNS (ada Perpres/Kepres nya mgkn). So, jgn terlalu reaktif dan menghujat instansi tertentu. kita liat aja apa jadinya lulusan STAN 2011 ini. perlakuan Kemenkeu nanti bisa jadi mgkn representasi untuk lulusan STAN selanjutnya.
    yg sdg kuliah tetep semangat ya, jgn kendor gara2 PMK ini. kan belum terbukti jg ‘efek negatif’ yg temen2 sangkakan. Dan satu hal lg, perihal wacana ‘STAN sdh tidak ikatan dinas’ gara2 PMK ini kayaknya kurang pas. Kan cuma disebutkan lulusan STAN wjb tes CPNS artinya mhswanya diarahkan untk jd PNS namun ada tes lanjutan saja. Yakin deh, kalo udah lulus UTS, UAS, kompre masa nggak lulus tes CPNS. InsyaAlloh pada bisa kok :)
    nb: maaf byk kata ‘mungkin’ nya karena tulisan ini mmg cuma perkiraan saya saja. :)

  4. hadooh….
    ni gmn sih pak menterinya…??
    knp malah mempersulit nasib orang..??
    padahal STAN kan Sekolah Tinggi Au Nasib…
    nasib anak ga mampu negeri ini yg pengen bisa lanjut sekolah…
    coba gak ada STAN…
    org2 seperti saya gak akan kuliah…

  5. ya sudahlah…. yang penting kita harus tetep yakin kalau usaha kita gak akan sia2… gimanapun tesnya nanti, kita pasti bisa dan mampu… we can do that…

  6. PMK berlaku surut???? baru denger…ckckckckkk..percuma belajar hukum,..

  7. iyaa nii..bukan q ngeluh apa ngak ya, tp q lulusan d1 dr makassr, bayangin aja bolak balik makksr – jgja,,jauh dari orang tua, biaya hidup mahal banget, sementara aku cm pny satu orang tua, cz ayahku uda meninggal, bayangin coba dengan biaya segitu…astgfrllh, semoga Allah tetep ngasih yg terbaik buat kita semua amiiinn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s