15 Comments

Antara UPKP dan DIV

Ketika lulus sebagai mahasiswa dari kampus, alumni dari stan bisa langsung bekerja di beberapa instansi pemerintah baik Kementerian Keuangan sendiri, BPK ataupun BPKP. Ketiga instansi pemerintah inilah yang paling banyak menerima lulusan stan.

Memasuki dunia kerja, lulusan stan masuk pada PNS Gol.II . Golongan yang cukup rendah di bagan struktural instansi pemerintah. Untuk menopang karir yang lebih cepat, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan bekal melanjutkan pendidikan. Bisa ambil sarjana di kelas ekstensi universitas atau melanjutkan pendidikan Diploma IV stan.

Dua ribu sebelas, mungkin tahun ini bisa dikatakan sebagai tahun yang berat bagi lulusan stan.  Ketika organisasi (Kementerian Keuangan) di hadapkan pada menggelembungnya jumlah pegawai golongan III, organisasi harus membuat kebijakan supaya bisa menekan jumlah pertumbuhan.

Menurut desas desus yang beredar dan belum terbukti kebenarannya, kebijakan tersebut antara lain adalah dengan tidak adanya Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat tahun 2012 dan Pembatasan jumlah mahasiswa program Diploma IV STAN 2011.

Masih ingat ketika teman-teman kakak tingkat melihat hasil USM DIV tahun 2011. Shock, terkejut, heran dan pasrah. Betapa tidak, tak ada angin tak ada hujan, D IV biasanya menerima kelas tidak kurang 3-4 kelas tetapi tahun ini hanyalah satu kelas akuntansi dan satu kelas kurikulum khusus. Sebagian dari mereka bahkan ada yang berkelakar, mungkin nanti masih ada revisi lagi. 

Perlu diketahui juga, fenomena DIV inilah yang paling dinanti oleh mereka yang penempatan daerahnya kurang beruntung. Karena dengan mengikuti D IV mereka akan dapat penempatan ulang dan biasanya tempat baru itu akan lebih baik. Selain itu, mereka bisa langsung naik pangkat ke Golongan III/a  karena D IV merupakan bea siswa.

Bagaimana dengan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat, UPKP merupakan tes yang diadakan untuk menguji kemampuan mereka yang akan naik pangkat ke golongan lebih tinggi, biasanya mereka melanjutkan pendidikan diluar kedinasan alias kuliah program ekstensi.

Situasi berbeda tahun 2012 nanti, ketika kabar UPKP akan ditiadakan menjadi nyata. Jenjang karir pegawai dari lulusan stan tentunya akan sedikit terhambat. Dengan kondisi jenjang jabatan yang masih ditentukan menurut derajat kepangkatan tentunya hal ini membuat situasi tidak menyenangkan diterima oleh kami.

Semoga pimpinan di pucuk sana bisa memahami dan mengerti. Salam hangat dan  selamat hari senin sore. Senja semakin indah dilihat dari gedung tempat saya bekerja.

About these ads

About stan_info

Sudah menjadi bagian dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara dan saatnya berkontribusi memberikan informasi bagi calon mahasiswastan . Selamat berkarya.

Comment navigation

Newer Comments →

15 comments on “Antara UPKP dan DIV

  1. wah bagus sekali untuk daerah seperti sumbawa dan sekitarnya untuk menjaring tenaga kependidikan yang lebih baik dalam bidang Akuntansi dan Perpajakan yang di sediakan oleh STAN

  2. Terima kasih atas infonya masbro. Jika ada kabar tentang pendaftaran D3 khusus 2012/2013 STAN mohon segera diberitahukan…..

  3. Mas tak bantu ngisi koment
    ↓↓↓↓↓↓↓
    http://www.SediaSoalStan.blogspot.com

  4. kak, untuk USM 2012/2013 kira-kira jadwalnya kapan ya kak?
    apa benar seleksi hanya membutuhkan D1?

    o iya untuk informasi USM 2012/2013 lengkap kami bisa liat dimana ya?
    mohon di bantu, terima kasih

  5. yah…
    padahal saya ada niat ngambil STAN karna kalau anak stan itu kerjanya enak..
    kapan kak pendaftaran stan 2012???

Comment navigation

Newer Comments →

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 19,165 other followers

%d bloggers like this: