Ikatan Dinas STAN 10 Tahun

43
1077
views

Sebelum kalian memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di Sekolah kedinasan, perlu kalian ketahui adalah adanya surat perjanjian ikatan dinas dimana lulusan dari Sekolah kedinasan harus mengabdi pada negara dalam masa waktu tertentu sesuai syarat yang telah di tentukan.

Hal ini berlaku pula di STAN. Sebagai sekolah kedinasan dibawah Kementerian Keuangan RI STAN memiliki aturan tersendiri mengenai berapa lama alumninya menjalani ikatan dinas.

Rumus nya adalah 3N+1. Rumus ini berlaku untuk lulusan Diploma 1 dan Diploma 3 STAN.

Artinya, untuk lulusan Diploma 1 STAN diwajibkan untuk bekerja di Unit Kerja selama minimal 4 tahun semenjak diangkat menjadi CPNS. Hal ini bukan berarti setelah 4 tahun akan di Pensiunkan. Tapi perhitungan ini digunakan untuk menghitung kompensasi uang ganti rugi jika kita keluar dari Unit Kerja. Jika masa ikatan dinas telah selesai, maka kita tetap bekerja sampai kita pensiun.

Namun, jika kita keluar dari Unit Kerja sebelum 4 tahun, maka akan dikenakan Biaya Ganti Rugi Pendidikan sebesar 10 Juta rupiah. Perhitungan besarnya ganti rugi ini disesuaikan dengan berapa tahun lamanya kita telah bekerja.

Trus bagaimana untuk lulusan Diploma 3 STAN?

Untuk lulusan Diploma 3 STAN lamanya ikatan dinas adalah selama 10 tahun dihitung dari masa CPNS dan besarnya biaya ganti rugi adalah sebesar 30 Juta rupiah.

Selama masa ikatan dinas, Ijasah Asli dan Transkrip asli ditahan oleh pihak kepegawaian Unit Kerja masing-masing dan baru diberikan jika masa ikatan dinas kita telah berakhir.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silakan di kolom komentar bawah ini.

43 COMMENTS

  1. apakah itu berarti tidak bisa bekerja di kantor daerah kitatinggal ? dan apakah selama ada ikatan dinas tidak bisa menikah ?

  2. Kak aku mau nanya,ibarat nya kita sudah lulus stan D1 dpat kontrak kerja dikedinasan 4 tahun kan,seandainya nanti kontark kerja kita sudah habis apakah kita bisa bekerja kembali dikedinasaan,atau bisa kerja diluar kedinasan?trus,apakah pkn stan 2017 kalo sudah lulus langsung diangkat jadi pns? mohon di tanggapi ya kk,hehe

    • Salam,
      Setelah lulus pendidikan, diperbolehkan menikah meski masih menjalani ikatan dinas.

      Terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here