Ikatan Dinas STAN 10 Tahun

Sebelum kalian memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di Sekolah kedinasan, perlu kalian ketahui adalah adanya surat perjanjian ikatan dinas dimana lulusan dari Sekolah kedinasan harus mengabdi pada negara dalam masa waktu tertentu sesuai syarat yang telah di tentukan.

Hal ini berlaku pula di STAN. Sebagai sekolah kedinasan dibawah Kementerian Keuangan RI STAN memiliki aturan tersendiri mengenai berapa lama alumninya menjalani ikatan dinas.

Rumus nya adalah 3N+1. Rumus ini berlaku untuk lulusan Diploma 1 dan Diploma 3 STAN.

Artinya, untuk lulusan Diploma 1 STAN diwajibkan untuk bekerja di Unit Kerja selama minimal 4 tahun semenjak diangkat menjadi CPNS. Hal ini bukan berarti setelah 4 tahun akan di Pensiunkan. Tapi perhitungan ini digunakan untuk menghitung kompensasi uang ganti rugi jika kita keluar dari Unit Kerja. Jika masa ikatan dinas telah selesai, maka kita tetap bekerja sampai kita pensiun.

Namun, jika kita keluar dari Unit Kerja sebelum 4 tahun, maka akan dikenakan Biaya Ganti Rugi Pendidikan sebesar 10 Juta rupiah. Perhitungan besarnya ganti rugi ini disesuaikan dengan berapa tahun lamanya kita telah bekerja.

Trus bagaimana untuk lulusan Diploma 3 STAN?

Untuk lulusan Diploma 3 STAN lamanya ikatan dinas adalah selama 10 tahun dihitung dari masa CPNS dan besarnya biaya ganti rugi adalah sebesar 30 Juta rupiah.

Selama masa ikatan dinas, Ijasah Asli dan Transkrip asli ditahan oleh pihak kepegawaian Unit Kerja masing-masing dan baru diberikan jika masa ikatan dinas kita telah berakhir.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silakan di kolom komentar bawah ini.

About these ads

37 responses to “Ikatan Dinas STAN 10 Tahun

  1. Min, bisakah minta informasi untuk KMK tahun 77 yang terakhir perjanjian kontraknya stan angkatan tahun berapa, demikian juga untuk KMK 81, KMK 92 dan 2004

  2. kak lulusan D 1 STAN statusnya apaa?
    ccpns/cpns/pns itu apa bedanya ?

  3. ka, yang di maksud cacat badan dalam staaayarat msk stan tuh ap ya,…..??????

    ap benar kita ngk boleh ad bekas luka…………..????????

  4. kak, untuk saat ini STAN apa masih ikatan dinas??? terus lulusannya apa ya masih langsung bekerja di bawah dep keu??

  5. @rizal: jurusan ada banyak pilihan koq, ya tapi tergantung kebutuhan instansi. sejauh ini yg masih jadi favorit adalah pajak dan akuntansi pemerintahan.
    @yu @rendy @ phitri: dikarenakan ikatan dinas, jadi pada saat lulus nanti kita terikat pada peraturan2 ikatan dinas. bisa di bilang kita udh ga merdeka, mau apa2 ijin atasan, termasuk mau lanjut S1 harus seijin instansi dulu. nah soal ijazah ga perlu kuatir, kita bisa minta legalisir nya koq.
    @ arie: hmm nikah ya, boleh koq. yg ga boleh nikah pas kita masih berstatus sbg mahasiswa stan (kecuali D4).
    @rumni: pengalaman angkatan diatas ane (ane alumnus stan tahun ini), mereka pas lulus berstatus ccpns, c-nya ada dua. jadi ga lgsg pns dan ga lgsg cpns juga.
    @misa: lulusan D1 masa ikatan dinas nya 4 tahun (3.1 + 1).
    @sezi: just go to stan.ac.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s