4 Comments

Jurusan Yang Ada di STAN

Sebelum pendaftaran di buka pada bulan Juni nanti, perlu temen-temen ketahui bahwa di STAN ada 6 Spesialisasi yang bisa temen-temen ambil.

Pasti temen-temen bingung harus milih apa ketika mengisi formulir pendaftaran. Saya akan memberikan sedikit gambaran penerimaan STAN tahun 2010 lalu. Yang paling besar penerimaan adalah Akuntansi Pemerintahan, kedua Administrasi Perpajakan dan Penilai.

Akuntansi. Jika temen-temen suka dengan akuntansi tidak salah mencoba Jurusan ini. Kenapa??? Karena Akuntansi itu luas, peluang kerja juga banyak jika kalian ingin berkarir diluar Kementerian Kuangan. Akuntansi ini penempatan kerjanya juga bisa dibilang paling acak. IP bagus tidak menjadi jaminan untuk di Depkeu, karena memang kebutuhan Keuangan Negara tidak hanya ada di Depkeu.

Pajak. Mungkin inilah yang paling diminati oleh sebagian besar calon mahasiswa stan sekarang. Melihat fenomena gaji yang tinggi di Dirjen Pajak, membuat Jurusan ini paling diminati. Tapi jangan salah, mulai tahun 2008, beberapa lulusan jurusan Pajak tidak ditempatkan di Ditjen Pajak melainkan di Sekretariat Jenderal, Badan Kebijakan Fiskal dan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan.

Penilai. Ini juga jurusan khusus yang ada di STAN. Tidak banyak universitas atau pendidikan tinggi lainnya yang menyediakan jurusan ini. Mulai tahun 2011, Pembayaran Pajak Bumi Bangunan dan BPHTB dialihkan dari Kementerian Keuangan ke Pemerintah daerah masing-masing. Ini juga potensi yang tinggi jika ingin berkarir di luar kementerian khususnya di daerah. Dengan SDM yang kurang pengetahuannya tentang PBB dan BPHTB bisa menjadi peluang juga. Silakan memilih.

Anggaran. Mulai Lulusan 2010 kemaren, Ditjen Perbendaharaan mulai membuka lagi penerimaan lulusan Diploma III. Ditjen Perbendaharaan ini unitnya hampir sama dengan Ditjen Pajak yang menyebar di seluruh Wilayah Indonesia. Semoga beruntung!!!

PPLN. Piutang Lelang Negara adalah kepanjangan dari jurusan ini. Ditempatkan di Ditjen Kekayaan Negara, bertugas untuk mengelola Kekayaan Negara. Ada pepatah mengatakan, Jika ingin jadi orang Kaya maka masuk aja di Ditjen Kekayaan Negara. Namun, perlu diketahui juga bahwa lulusan PPLN dari tahun 2009 dan 2010 lalu, tidak semua ditempatkan di Ditjen Kekayaan negara. tapi ada juga yang ditempatkan di Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan.

Bea Cukai. Semi militer diterapkan dalam setiap pendidikan Bea Cukai. Dari seleksi awal memang ada tes khusus untuk bisa lolos seleksi. Tes kesehatan semisal tes lari, push up, sit up, back up dan fisik lainnya disyaratkan untuk dipenuhi semua. Penempatan pun tidak pernah keluar dari Instansi awalnya yakni Ditjen Bea Cukai.

Semoga tulisan ini bisa memberikan gambaran ketika temen-temen memilih spes di STAN.

About these ads

About stan_info

Sudah menjadi bagian dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara dan saatnya berkontribusi memberikan informasi bagi calon mahasiswastan . Selamat berkarya.

4 comments on “Jurusan Yang Ada di STAN

  1. With havin so much content and articles do you ever run into any problems of plagorism or copyright violation? My blog
    has a lot of exclusive content I’ve either authored myself or
    outsourced but it looks like a lot of it is popping it
    up all over the internet without my permission. Do you know any ways to help stop content from being ripped off?

    I’d genuinely appreciate it.

  2. apa saja pak/ibu sekretariat, persyaratannya,
    bila ingin mendaftar ke STAN…?

  3. beacukai kan semimiliter mas q-,-p

  4. Selamat sore Bapak/Ibu,..
    Kenapa persyaratan bae cukai tinggi badan min 165cm,.?? kaya persyaratan daftar TNI atau POLRI aja,…Coba persyaratannya di sama kan seperti jurusan2 yg ada di STAN,.
    Coba berikan kesempatan kepada peserta yg mempunyai tinggi badan kurang dari 165cm, minimal 160cm pak,..Mungkin fisik dan kemampuan nya tidak.kalah dengan peserta yg mempunyai tinggi badan di atas 165cm.!!!!
    Mohon tanggapan Bapak/Ibu….
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 19,256 other followers

%d bloggers like this: