Pelaksanaan USM D1 BC Ternodai

21
179
views

Mereka berjumlah 7 orang, yang merupakan lulusan dari beberapa sekolah setingkat SLTA di Sulawesi Selatan, bahkan ada diantaranya telah berstatus dropout dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Program Diploma I Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai di Makassar

usmstanPelaksanaan Ujian Saringan Masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai Crash Program Tahun 2009 digelar secara serentak di 20 daerah di seluruh Indonesia. Makassar termasuk salah satu pelaksana penyelenggara ujian saringan masuk tersebut. Mulai dari sekitar pukul 9:30 WITA ujian dilaksanakan dengan sukses dan lancar sampai kurang lebih 3 jam. Untuk daerah Makassar, ujian dilaksanakan di lokasi kompleks gedung Sekolah Terpadu Athirah Jalan Bontolempangan Makassar. Sekitar 420-an orang peserta mengikuti kegiatan tersebut dengan tertib.

Satu hal disayangkan telah terjadi kecurangan yang dilakukan oleh sekelompok oknum peserta yang telah menodai ketertiban pelaksanaan ujian tersebut. Mereka berjumlah 7 orang, yang merupakan lulusan dari beberapa sekolah setingkat SLTA di Sulawesi Selatan, bahkan ada diantaranya telah berstatus dropout dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Program Diploma I Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai di Makassar. Berikut inisial oknum peserta dimaksud, AS lulusan SMAN 1 Pangsid, AA lulusan SMAN 1 Pangsid, MD lulusan SMAN 1 Lembang Pinrang, WA lulusan SMAN 1 Parepare, HS lulusan SMAN 17 Makassar, MN lulusan SMAN 1 Pinrang, dan RA lulusan SMAN 1 Pangsid.

0011000100 (1)00099

001060010300097

Modus yang digunakan oleh para pelaku itu adalah perjokian dengan menggunakan perangkat alat bantu berupa handphone yang telah dimodifikasi speakernya sehingga menyerupai sebuah alat bantu dengar untuk penderita tuna rungu. Sekilas memang sulit bagi pengawas untuk mendeteksi adanya kecurangan, namun ternyata Allah SWT berkehendak lain, sehingga dari alat salah satu pelaku terdengar semacam percakapan

dikarenakan suasana ujian yang memang sedang hening. Kontan didapatlah satu pelaku yang akhirnya membuat ke tujuh pelaku lainnya yang dalam satu komplotan tersebut tertangkap. Akhirnya diproseslah ketujuh pelaku tadi dengan dibuatkan masing-masing pernyataan pengakuan, kurang tahu apakah hal tersebut sebagai syarat untuk dilanjutkan ke pihak berwajib sebagai suatu tindak kejahatan atau berhenti sampai di situ. Namun menurut informasi dari sumber tertentu, tidak ada campur tangan pihak kepolisian di tempat kejadian perkara.

Kejadian ini bisa dianggap sebagai kemajuan dari panitia daerah sebagai pelaksana kegiatan sehingga bisa mengungkap praktik ilegal kecurangan dalam ujian yang mungkin saja telah terjadi beberapa kesempatan sebelumnya. Ini juga sebagai pelajaran bagi pihak panitia pusat yaitu Sekolah Tinggi Akuntansi Negara di Jakarta untuk kembali melakukan introspeksi diri memperbaiki sistem pelaksanaan ujian yang semakin baik. Ada kemungkinan mereka (sindikat para pelaku kecurangan tersebut) telah memiliki jaringan sampai di Jakarta. Setidaknya bisa mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi pada kegiatan USM Reguler berikutnya yang menurut rencana akan dilaksanakan sekitar bulan Juli tahun ini.

Bagi pihak sindikat perjokian, ini merupakan suatu pukulan telak, namun tentunya belum menjadi suatu tekanan yang berarti, mengingat para pelaku sampai sekarang belum tersentuh wilayah hukum, dimana kasus tersebut tidak diteruskan ke pihak yang berwajib sebagai suatu tindak kejahatan, sehingga bisa memberikan efek jera pada pelakunya. Mungkin mereka sekarang sedang memikirkan untuk mengubah strategi maupun peralatan dengan lebih canggih lagi, kita tunggu bagaimana aksi mereka di USM-USM berikutnya.

Masukan bagi panitia pusat di Jakarta, seandainya dipikirkan untuk memperbaiki sistem database mahasiswa yang telah terdaftar, maupun yang keluar karena mengundurkan diri ataupun dropout tentu akan mempengaruhi tingkat kecurangan yang terjadi. Hal ini dikarenakan beberapa kasus belakangan terkadang pelaku kecurangan dilakukan oleh oknum mahasiswa itu sendiri.

000980010400105

Beberapa tahun lalu pernah ditemukan ada beberapa mahasiswa aktif dari STAN Manado yang menjadi joki pada USM di Makassar, anehnya nama-nama mereka yang notabene telah tercatat sebagai mahasiswa, masih bisa melakukan pendaftaran. Nama-nama yang telah diketahui sebagai pelaku kecurangan sebaiknya tersimpan terus dalam database STAN sebagai data blacklist, sehingga pada saat melakukan pendaftaran telah diketahui keberadaannya, walaupun secara formal mereka bisa melakukan pendaftaran, namun secara moral harusnya mereka langsung di-cut untuk tidak diluluskan dan diwaspadai tindakannya.

Akhirnya kembali kepada semua pihak yang berpengaruh dalam kasus seperti ini untuk membuat kegiatan penyaringan bisa lebih baik di waktu-waktu mendatang. Pihak penyelenggara semakin memperbaiki sistem pendaftaran dan pelaksanaan ujian pada hari “H” dengan melibatkan pihak berwajib, sehingga bisa mengambil tindakan yang cepat pada tindak kejahatan semacam ini. Para pelaku yang tertangkap hari ini, harusnya bersyukur karena proses hukum mereka tidak dilanjutkan ke tahap yang lebih tinggi lagi. Ini merupakan peringatan keras bahwa cara-cara kecurangan tidak pernah mendatangkan kebahagiaan. Sebelum laknat dari Allah turun kepada kalian, sebaiknya kalian bertobat kembali ke jalan yang lurus, marilah kita semua mendo’akan mereka yang tersesat itu.

Saya sempat “trenyuh” membaca selembar BPU salah seorang pelaku kecurangan tersebut yang bertuliskan huruf arab dengan lafal “Bismillah” dan kata-kata dalam bahasa indonesia yang sebenarnya merupakan do’a yang baik, yaitu “ya Allah permudahlah kesuksesanku”. Sungguh bertolak belakang dengan kecurangan yang telah dia lakukan, tidak sadarkah dia telah melakukan dengan cara curang, tapi meminta pertolongan dari Allah SWT yang nyata-nyata tidak menyukai perbuatan tercela. Semoga yang bersangkutan menyadari kelakuannya yang buruk itu, dan segera bertaubat untuk mencari ridho-Nya dengan cara yang halal dan elegan. Amin… ya robbal alamin…

Kita tunggu bersama-sama apakah Sekolah Tinggi Akuntansi Negara sebagai pihak penyelenggara ujian tingkat nasional tersebut, apakah akan meluluskan salah satu atau semua dari para pelaku tersebut, atau menggugurkannya. Hal ini karena merekalah yang berwenang menentukan hasil dari pelaksanaan ujian saringan masuk kali ini. Semua bukti-bukti otentik telah tersimpan di Balai Diklat Keuangan VI Makassar sebagai pelaksana di daerah, dan semoga para pemimpin di pusat sempat membaca berita ini, sehingga bisa mengambil keputusan yang bijaksana demi nama baik Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

Makassar, 31 Mei 2009 21:32

Sumber : stan.ac.id

21 COMMENTS

  1. Saya pernah diajar oleh dosen pada matakuliah Seminar Pemberantasan Korupsi, beliau mengatakan, beliau adalah salah satu pelopor pendiri STAN (dulu IIK), beliau juga pernah menjadi kepala balai diklatnya,,,beliau bercerita, bahwa seleksi STAN adalah seleksi yang bersih, bebas dari praktik suap atau sogok…Dan ini memang terbukti dan terjaga hingga saat ini. Pernah dulu ada mahasiswa DO dari STAN yang kemudian mencoba curang dengan menawarkan bantuan kepada orangtua pendaftar STAN, yaitu dengan uang 1juta bisa meluluskan anaknya. Orangtua tsb percaya, dan membayar 1 juta. Dan ank tersebut tidak lolos. Kemudia menagih kembali 1 juta tersebut. Hal itu terdengar oleh Dosen saya itu, yang akhirnya mengusut kasus tsb. ternyata, si calo tersebut hanya bermain gambling, kalo lulus itu bukan karena dirinya, dan dia dapat 1 juta. kalo tidak lulus, uang dikembalikan, artinya dia tidak rugi sama sekali.

  2. yang ikut USM STAN di jogja tuwh jogjanya dimana sie??
    minta alamat lengkapnya dunk….
    thx before…

  3. gue bersyukur akhirnya ada juga yang jujur di indonesia ini tapi jujur harus di dapatkan dengan kerjakeras semangad!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! doain gue bisa masuk stan ya ntar gue doain loe juga agar bisa masuk stan amin

  4. Yah, belum tahu ya yang lebih curang? Jangan salah sekarang ini masih ada mahasiswa STAN D1 Makasar yang dilindungi oleh STAN karena dia sudah menikah.

    Kalau mau bilang STAN bersih, ambil tindakan dong. Dan Buat temen2 yang punya cita-cita sekolah diSTAN, tenang aja, selama sudah didalam pasti akan dilindungi. Mau curang pakai joki, pakai memalsukan Status pernikahan, itu mah gampang semua bisa diatur jika sudah didalam. OK, buat STAN peraturan dibuat untuk dilanggar.

    • Ente bukan mhsw STAN gan. kalau ketahuan ya di DO lah.
      Tinggal ngasih nilai E aja langsung DO.

  5. Hari gini….???????
    Bersihh,,mana ada lagi bung….uang…uang….dan uang mengatur….!!gax ada yang gak mau uang,gua tanyya ma loe mau uang gax??bukan manusia law lo gak mau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here