Kos – Kosan

Menuntut Ilmu di kota orang tentunya kita membutuhkan tempat untuk nge-Kost (bahasa gaulnya). Di STAN pun kita juga begitu. Ada banyak daerah di sekitar Kampus  STAN yang bisa dijadikan tempat Kost, misalnya :

  • Kalimongso

Kalimongso ini daerah paling deket dengan Kampus STAN dan hanya berbatasan dengan tembok kampus. Jadi bisa dibilang nempel dengan kampus. Kalimongso juga dihuni paling banyak mahasiswa STAN. Rumah makan (Warung makan tepatnya) juga paling banyak. Biaya untuk kost-kostan sekitar 3-4 juta per tahun tergantung fasilitas yang ditawarkan oleh empunya kost. Namun, ada juga kost yang biaya nya bulanan. Sekitar 250-300 rbu/bulan.

  • PJMI (Perumahan Jurang Mangu Indah)

Kalo PJMI ini adalah perumahan tapi kalimongso tadi kampung lah bisa dibilang. Kost-kostan di PJMI juga banyak dan biasanya berupa rumah dikontrakkan. Jadi misalnya temen-temen yang satu daerah ingin rumah sendiri bisa menyewa rumah di daerah PJMI. Biaya sewa pun tergantung fasilitas nya antara 10-20 juta/ tahun dengan jumlah kamar yang berbeda-beda. Untuk 3 kamar harganya sekitar 10-15 juta, satu kamar bisa diisi sendiri atau berdua. Yang kamar 4-5 kamar biaya sewanya sekitar 15-20 juta.

Faslitas di PJMI lebih baik jika dibandingkan dengan Kalimongso. Ada masjid An-Nur yang gde, Jalan-jalan lebar, dan lapangan olahrag. Oiya lokasi PJMI ini bersebelahan dengan Kalimongso jadi tidak terlalu jauh dari Kampus STAN. Warung makan juga ada tetapi agak mahal jika dibandingkan di Kalimongso.

  • Sarmili

Sarmili ini nama perkampungan juga di deket  Kampus STAN. Lokasi sarmili juga bersebalahan dengan kampus STAN, tetapi terletak di sebelah kanan kampus jika masuk dari Gerbang Ceger (belakang Kampus STAN).

Kost-kostan di Sarmili umumnya lebih murah jika dibandingkan dengan kalimongso dan PJMI tapi tergantung juga dengan Fasilitas yang disediakan.  Range-nya sekitar 2,5-3,5 juta per tahun. Mahasiswa STAN yang tinggal di Sarmili tidak sebanyak di Kalimongso atau PJMI. Biaya hidup di Sarmili sepertinya lebih murah.

  • Ceger

Ceger, sebenarnya ini nama jalan Utama ke STAN sebelum Jalan Bintaro ada. Namun, pada perkembangannya mahasiswa STAN lebih sering menyebut kampung disekitar jalan ceger itu dengan nama Ceger juga. Pintu gerbang Ceger dengan Gedung-gedung STAN cukup jauh kalo jalan kaki.Sekitar 500m lah, bisa sekalian olahraga kok.

Biaya kost di ceger hampir sama dengan daerah Sarmili. 2-3,5 Juta / tahun. Makanan juga banyak, kandisekitar jalan Ceger Raya tiap malam banyak penjual makanan. Biaya  hidup juga terjangkau.

  • Perumahan Pondok Jaya (Ponjay)

Perumahan ponjay ini merupakan kost-kost paling elit dan cukup mahal. lokasinya berada di Jalan Bintaro Jaya 5 dan deket dengan Gerbang depan Kampus STAN. Akses untuk roda empat ke perumahan ini juga lebih gampang. Deket dengan gerbang tol pondok ranji juga.

Biaya kost di Ponjay sekitar 3,5-5 juta per tahun. ponjay ini jika musim hujan bebas banjir dan lebih aman. Biaya hidup di ponjay cukup mahal kesehariannya.

sebenarnya masih ada beberapa tempat lagi misalnya di perumahan Pisok dan Pondok Safari. Keduanya penulis tidak bisa memberikan penjelasan lebih lanjut,karena belum pernah ngekost disana. Semoga ini memberikan manfaat bagi calon mahasiswa STAN 2009 yang kebingungan memilih KOST.

Semoga Info bermanfaat. Jangan lupa kunjungi link-link yang lain.

About these ads

18 responses to “Kos – Kosan

  1. saya siap mencarikan tempat kost yang baik dan layak untuk adik2 yg baru diterima di STAN….GRATIS info plus diantar ke tempat kost yg dituju tapi kalau untuk biaya kost nya ngak GRATIS loh………. ***bang BORIS***

    • INFO KOST HUB 0856 1379 138 atau 0878 0955 2919 bang BORIS
      *********************** G R A T I S**********************

  2. selamat kepada anda yang diterima sebagai mahasiswa stan th.2013, untuk yang belum tahu kampus stan jakarta, saya siap membantu. untuk informasi kost hubungi telp. 021-83625269

  3. aku nyari kosan, tpi blum bsa brgkat kjkarta…

    oh ya, klo ada yang mau kenal, ngajak kos brg dsb

    085299463892

    fb: sahib caesar un-explained

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s